You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sagaracipta
Desa Sagaracipta

KEC. Ciparay, KAB. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Sejarah Desa

20 Februari 2020 Dibaca 1.213 Kali

Sejarah Terbentuknya Desa Sagaracipta

Berbicara historis tentang Desa Sagaracipta, Konon sebelum Desa Sagaracipta terbentuk menjadi Desa, diwilayah ini (Desa Sagaracipta) dahulu kala masih berada dalam wilayah Desa Cikoneng. Para pendiri atau nenek moyang (founding father) kita mungkin mempunyai keinginan bahwa sudah selayaknya sesuai dengan perkembanganya jumlah warga masyarakat yang cepat serta luas wilayah yang besar menyebabkan masyarakat yang ada diwilayah ini mempunyai keinginan yang tinggi untuk memajukan daerahnya serta nusa dan bangsa pada umumnya.

Pada tahun 1982 an, Desa Sagaracipta secara geografis dan jumlah penduduk yang cukup banyak memungkinkan untuk melaksanakan pemekaran. Dilihat dari proses tersebut, kemudian intruksipun datang dari pusat bahwa Desa Sagaracipta yang terangkum dalam wilayah kecamatan Ciparay harus melakukan pemekaran.  Secara otomatis dukungan pun berdatangan baik dari masyarakat biasa maupun dari pihak tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Sagaracipta. Pada sekitar tahun 1983an akhirnya pemekaran pun terlaksana, yang pasti sebelumnya pihak desa menempuh jalur administrasi ke pihak kabupaten.

Setelah terjadi pemekaran, para tokoh berempug untuk memberikan nama yang tepat untuk desa yang baru. Setelah menempuh proses yang cukup alot, kemudian semua orang yang terlibat dalam proses pencarian nama sepakat bahwa untuk nama desa diambil dari “ Kata” SAGARACIPTA”, Desa Sagaracipta sendiri akronim dari nama-nama daerah yang ada diDesa Sagaracipta yaitu Sadang, Sayuran, Sukamahi, Sukamaju, Garduh, Rancabogo, Cipaku, Pamoyanan dan Tanjung yang merupakan Pemekaran dari Desa Cikoneng ”.

Begitulah cerita singkat mengenai seluk beluk atau sasakala tentang Desa Sagaracipta Kepala Desa yang pertama menjalakan roda kepemimpinannya adalah Bapak Entang yang bisa kita sebut sebagai saksi dan pelaku sejarah dalam proses pembentukan desa Sagaracipta Para kepala desa dari awal samapi sekarang ditulis dalam tabel.

Daftar Kepala Desa dari awal pemebentukan sampai sekarang

 

No

Nama kepala Desa

Masa Jabatan (thn-thn)

1

 Entang

1982-1984

2

 Enjang Sopandi

1984-1992

3

Endang Kodirun

1992-1993

4

H.Oneng Syamhudi .BA

1995-2000

5

Ape Helmi. Spd

2000-2005

6

Wawan Kurnia

2007-2013

7

Asep Riyanto

2013 - 2019

8

Mamat

2019 - 2025

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image