You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sagaracipta
Desa Sagaracipta

KEC. Ciparay, KAB. Bandung, Provinsi Jawa Barat

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER POSYANDU

Atep 17 Juni 2021 Dibaca 18.785 Kali

Posyandu merupakan program Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat ( UKBM ) yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia secara empiris telah dapat meratakan pelayanan bidang kesehatan.

Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan bulanan di Posyandu merupakan kegiatan rutin yang bertujuan antara lain untuk memantau pertumbuhan berat badan balita dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS), memberikan konseling gizi, serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar.

Kader posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perorangan maupun pelayanan posyandu secara rutin.

Kader posyandu tersebut kemudian memiliki tugas antara yaaitu :

  1. Memberitahukan hari dan jam buka posyandu kepada masyarakat
  2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan posyandu sebelum pelaksanaan Posyandu (buku catatan, KMS, alat peraga)
  3. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di posyandu
  4. Melakukan penimbangan bayi dan balita
  5. Mencatat hasil penimbangan pada KMS
  6. Melakukan penyuluhan perorangan kapada ibu-ibu dimeja IV
  7. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada bumil, ibu yang mempunyai bayi/balita, pasangan usia subur.

Bagi masyarakat awam yang di berikan kepercayaan sebagai kader posyandu dalam menjalankan tugas dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus.

Mendasari hal tersebut, Desa Sagaracipta melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi kader posyandu.

Pelatihan kader posyandu tahun 2020 terselenggara sebanyak 1 (Satu) pada tanggal 29 bulan September 2020 bertempat di Aula Desa Sagaracipta, dengan adanya pandemic maka peserta Kader Posyandu yang mengikuti kegiatan dibatasi menjadi 28 kader dari 14 Posyandu yang tersebar di seluruh wilayah Desa Sagaracipta.

Peningkatan kapasitas kader posyandu sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader posyandu, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik.

Kader posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif.

LINK VIDEO

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image